Jumat, 25 Juli 2014

Istilah dan Simbol Genetika


1.   P : parental, induk, orang tua
2.   F1: keturunan pertama, anak
3.   F2: keturunan kedua, cucu
4.   Dominan: sifat yang menang, menutupi, muncul bila berpasangan dengan gen dominan atau resesif. Contoh: MM(merah)
5. Resesif: sifat yang kalah, tertutupi. bila resesif ketemu resesif muncul. Simbol huruf kecil, contoh: mm(warna putih,bila dominan merah)
6. Intermediat: sifat dominan dan resesif tersem bunyi bila homozigot, contoh: Mm (merah muda)
7.   Simbol untuk suatu gen (istilah pengganti untuk “faktor keturunan”) dikemukakan dengan sebuah huruf yang biasanya merupakan huruf pertama dari suatu sifat. Misalnya M = gen yang menyebabkan warna merah, sedangkan m = gen yang menyebab kan warna putih. Dalam hal ini merah dominan terhadap putih. Oleh karena itu, gen dominan diberi simbol dengan huruf besar, dan Gen yang resesif diberi simbol dengan huruf kecil.
8.   Genotipe suatu individu diberi simbol dengan huruf dobel, karena individu diploid. Misalnya: MM = genotipe untuk tanaman berbunga merah, sedangkan mm = genotipe untuk tanaman berbunga putih.
9.   Fenotipe = karakter (sifat) yang dapat kita amati (bentuk, ukuran, warna, golongan darah, dan lainnya).
10.  Homozigotik = sifat suatu individu yang genotipenya terdiri atas gen-gen yang sama dari tiap jenis gen (misalnya RR, rr, AA, AABB, aabb, dan sebagainya)
11. Heterozigotik = sifat suatu individu yang genotipenya terdiri atas gen-gen yang berlainan dari tiap jenis gen (misalnya Rr, Aa, AaBb,dan sebagainya).
12. Alel = anggota dari sepasang gen, misalnya: M = gen untuk warna bunga merah dan m = gen untuk warna bunga putih, T = gen untuk tanaman tinggi dan t = gen untuk tanaman rendah. Mdan m satu sama lain merupakan alel, tetapi M dan t bukan alel.

Referensi
Buku IPA Kelas 9. Yudhistira. 2007


0 komentar:

Posting Komentar